Thursday 29 December 2016

Looping - Notepad++



Looping For
 Berfungsi untuk mengulang satu pernyataan sebanyak yang kita mau(yang kita sudah tentukan).

Contoh program :

 

Program diatas akan menampilkan bilangan dari 20 hingga 0 (decrease). Bilangan awalnya nanti akan muncul 20 ($i = 20) dan akan membuat perulangan sampai angka 0($i>=0) ,dimana setiap perulangan nilainya akan dikurangi satu ($i--). 

Hasil program :



 Looping While
Yaitu perulangan yang digunakan saat kita tidak mengetahui berapa kali perulangan itu dilakukan.

Contoh program :




Contoh penggunaan while diatas hamper sama dengan ketika menggunakan for .Program diatas akan menampilkan kalimat “Ari Pratitasari” yang dimulai dari angka 1 ($i=1) dan akan membuat perulangan sebanyak 5 kali ($i<=5)dimana setiap perulangan nilainya akan ditambah satu($i++).
 
Hasil program :


 


Looping Do-While
Looping menggunakan do-while pada dasarnya sama saja dengan menggunakan while, hanya saja pada do-while kondisinya (while) terletak di bagian akhir.

Contoh program :





Program di atas akan melakukan (do) semua perintah yang ada di dalam kurung kurawal (mencetak angka), selama (while) $x kurang dari sama dengan 20, yang dimulai dari angka 1 ($x=1), dimana nantinya setiap perulangan nilainya akan di tambahsatu($x++).
 
Hasil program :

 


Looping Foreach
Yaitu looping yang yang di gunakan untuk melakukan perulangan melalui array.

Contoh program :



Program di atas akan menampilkan nama bunga yaitu melati,mawardan anggrek.Pada program  itu juga di definisi kan variable array ($Bunga). $val di atas adalah variable perantara.Panjang array nya adalah 3 ,jadi perulangan foreach akan melakukan looping sebanyak tiga kali.

Hasil program :

 
 


1 comment: