Thursday 29 December 2016

If, if..else, dan if..elseif - Notepad++


If Statement
IF yaitu suatu statement untuk membuat percabangan berdasarkan kondisi tertentu ,dimana jika bernilai benar maka akan menghasilkan sesuatu dan jika salah tidak akan menghasilkan apapun (kosong).

Contoh program :





Program diatas akan menampilkan suatu grade dari nilai yang dimasukan. $nilai = 60 .Dimana jika nilainya lebih besar dari 80 maka akan ditampilkan “Grade A dengan nilai 85” (85 adalah nilai yang di masukan  di variable nilai). Dan jika nilainya kurang dari 80 maka tidak akan menghasilkan apa-apa (hasilnya kosong).


Hasil Program :




If..Else
If..Else digunakan untuk mengeksekusi dimana if akan di eksekusi jika kondisi benar sedangkan else di eksekusi jika kondisi yang pertama salah.

Contoh program :




Pada program di atas akan mengeksekusi apakah harga beli($harga_beli) lebih dari 100000. Jika kondisi benar maka akan dicetak “Anda mendapatkan diskon 25%), jika kondisi salah, maka akan di cetak “Anda tidak mendapatkan diskon” .
 
Hasil program :

 




If …Elseif
If ... Else if hampir sama dengan if..else , hanya saja pada if...elseif kondisi nya bisa lebih dari 2 kondisi. 

Contoh program :




Program di atas adalah untuk mengecek grade sesuai dengan nilai yang di masukan di variabel nilai. Jika nilai <=100 dan nilai >= 80 maka akan di cetak “Grade A “ dan “sangat baik”. Jika kondisi salah maka akan masuk ke statement yang ke 2 yaitu jika nilai <=79 dan nilai >= 70 maka akan di cetak “Grade B “ dan “baik” dst sampai nilai <= 35 dan nilai >= 54 maka akan di cetak “ Grade D” dan “Kurang”. Tetapi jika nilai nya <=34 maka akan di cetak “ Grade E” dan “Gagal”.



Hasil program :


 

 




1 comment:

  1. Terima kasih artikel anda sangat bermanfaat untuk saya pelajari sendiri
    My blog
    My Campus

    ReplyDelete